Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Gambar terhadap Pekembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelas B Di Tk Kuncup Mekar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021

Naimah, Siti Wafiyatun (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Gambar terhadap Pekembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelas B Di Tk Kuncup Mekar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (873kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (477kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan media gambar terhadap perkembangan kognitif anak usia dini kelas TK B di TK Kuncup Mekar Sluke Rembang. (2) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan media gambar terhadap perkembangan kognitif anak usia dini kelas TK B di TK Kuncup Mekar Sluke Rembang. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Make a Match dengan media gambar terhadap perkembangan kognitif anak usia dini kelas TK B di TK Kuncup Mekar Sluke Rembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu: observasi, dokumentasi, dan tes. Kemudian menganalisis menggunakan uji paired sample test. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas B TK Kuncup Mekar Manggar Sluke Rembang dengan jumlah peserta didik adalah 19 orang. Sebelum penelitian lembar tes 15 dari variabel (Y) diuji cobakan terlebih dahulu. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel (Y) semua item soal valid yaitu berjumlah 15. Maka 15 item soal untuk varibel (Y) akan dibagikan kepada 19 responden di TK Kuncup Mekar Manggar Sluke Rembang. Hasil uji reliabilitas untuk varibel (Y) 0,851 > 0,455. Maka variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran sebelum menggunakan model Make a Match dengan media gambar terhadap kognitif anak usia dini kelas B di TK Kuncup Mekar Manggar Sluke Rembang menggunakan metode ceramah atau gambar yang ada pada majalah. Dalam menggunakan metode ceramah tersebut guru menyampaikan materi yang perlu disampaikan atau yang harus diketahui setelah itu menjelaskan menggunakan gambar yang ada pada majalah anak, sedangkan anak hanya mendengarkan penjelasan guru dan melakukan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini membuat peserta didik jenuh dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dengan baik dan bermain dengan sendirinya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis mendapatkan kemampuan awal kognitif dengan rata-rata sebesar 51,88 sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match (pretest). (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru namun juga melibatkan peserta didik untuk aktif selama proses pembelajaran, bekerjasama dengan peserta didik yang lain. Hal ini membuat peserta didik untuk lebih bersamangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik memiliki pemahaman yang baik. Hasil penelitian yang dilakukan setelah menggunakan model pembelajaran Make A Match mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,81 (posttest). (3) Pengaruh model Make a Match berpengaruh terhadap kognitif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan pada pre test, hasil kemampuan awal rata-rata memiliki nilai 51,88 dan pada post test sebesar 82,81. Dengan selisih 30,93, di mana nilai rata-rata dari post test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest. Hasil analisis Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria jika nilai signifikan < 0,05 berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make a Match, Media Gambar, Perkembangan Kognitif dan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2022 01:28
Last Modified: 24 May 2022 01:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7045

Actions (login required)

View Item View Item