Studi Komparasi Media Game Edukasi Quizizz dan Media Paper Test terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Maslakul Falah Klaling Kudus

Rusdah, Isnaeni Amrina (2022) Studi Komparasi Media Game Edukasi Quizizz dan Media Paper Test terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Maslakul Falah Klaling Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (880kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (903kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan game edukasi Quizizz pada Mata Pelajaran IPA di kelas V MI Maslakul Falah Klaling Kudus. (2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media paper test pada Mata Pelajaran IPA di kelas V MI Maslakul Falah Klaling Kudus. (3) Mengetahui perbedaan antara penggunaan media game edukasi Quizizz dan media paper test dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada Mata Pelajaran IPA kelas V MI Maslakul Falah Klaling Kudus Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dan desainnya kausal komparatif. Sedangkan teknik pengambilan data dengan metode tes dari data hasil ulangan harian siswa kelas V dan dokumentasi. Untuk populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 19 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kognitif siswa dengan media game edukasi Quizizz memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,63 dan berada dalam kategori cukup. (2) Hasil belajar kognitif siswa dengan media paper test memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,37 dan berada dalam kategori cukup. (3) Terdapat perbedaan antara penggunaan media game edukasi Quizizz dan media paper test dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada Mata Pelajaran IPA. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata media game edukasi yang lebih tinggi yaitu 87,63 dan rata-rata media paper test sebesar 77,37. Serta pada nilai t hitung lebih besar dengan t tabel (2,818 > 2,028) dan nilai sig. (2-tailed) yang didapat bernilai 0,008 kurang dari 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Game Edukasi Quizizz, Media Paper Test, Hasil Belajar Kognitif Siswa, IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:03
Last Modified: 03 Jun 2022 08:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7180

Actions (login required)

View Item View Item