Nadiya, Dwi Zuyyina (2022) Efektivitas Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MI NU Sholahiyah Pedawang Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (498kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (640kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (733kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (786kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (961kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (897kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode scramble untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MI NU Sholahiyah Pedawang Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang analisisnya menekankan pada data-data numerikal dan dioleh dengan statistika. Adapun jenis peneliannya menggunakan penelitian komparatif experiment research dengan desain penelitian pre-eksperimental. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas IV MI NU Sholahiyah Pedwang Kudus yang berjumlah 32 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampling peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis penelitian menggunakan sampling jenuh. Dengan demikian, peneliti hanya menggunakan satu kelas untuk mengetahui lebih tinggi manakah minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam antara diterapkan metode ceramah dengan metode scramble. Sedangkan uji hipotesisnya, peneliti menggunakan uji komparatif paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata minat belajar peserta didik ketika diterapkan metode ceramah berkategori “cukup” dan minat belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan metode scramble dalam kategori “tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, yakni minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI NU Sholahiyah Pedawang Kudus tahun pelajaran 2021/2022 dengan penerapan metode scramble lebih tinggi dibandingkan dengan diterapkannya metode ceramah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode scramble, Minat Belajar Peserta didik, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:14 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7331 |
Actions (login required)
View Item |