Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Penerapan 5c Pada Proses Pelaksanaan Pembiayaan Murabahah Dalam Upaya Meraih Competitive Advantage (Studi Kasus Di Kspps Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Demak)

Maula, Iin Wulan Liya Nikmatul (2022) Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Penerapan 5c Pada Proses Pelaksanaan Pembiayaan Murabahah Dalam Upaya Meraih Competitive Advantage (Studi Kasus Di Kspps Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (914kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan sebuah taktik yang dilakukan perusahaan dalam menentukan sasaran, maksud dan tujuan yang akan menjadi target. Strategi pemasaran yang dilakukan tiap lembaga keuangan berbeda, begitu pula dengan proses penerapan 5C dalam pembiayaan murabahah dalam upaya meraih competitive advantage. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, dan nantinya data tersebut akan dianalisis secara deskriptif oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Demak beserta implementasi 5C KSPPS tersebut dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah yang dikaitkan dengan competitive advantage. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS yaitu dengan menerapkan strategi segmentasi, targeting, dan positioning. Divisi marketing akan melakukan pemasaran produk dengan cara pembagian brosur dan mini marketing ke calon anggota pembiayaan, dan melakukan kegiatan e-marketing melalui media online untuk mencapai target pemasarannya. Penerapan 5C terhadap pembiayaan murabahah KSPPS tersebut sudah terlaksana baik, dimana sebelum melakukan realisasi pembiayaan murabahah, pihak KSPPS dengan mempertimbangkan karakter/sifat anggota, modal yang dimiliki oleh anggota, kemampuan bayar anggota yang dilihat dari slip gaji/pendapatan anggota, jaminan yang diagunkan oleh anggota beserta melakukan penilaian terhadap kondisi ekonomi dengan melihat situasi sosial dan kebijakan pemerintah terhadap usaha yang dijalankan calon anggota. Dengan penerapan konsep marketing dan analisis pembiayaan murabahah yang tergolong baik, KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Cabang Demak terbukti dapat meningkatkan keunggulan bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penerapan 5C, Pembiayaan Murabahah, Compeitive Advantage
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:51
Last Modified: 26 Sep 2022 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7340

Actions (login required)

View Item View Item