Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di MI Datuk Singaraja Kerso Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara

Meilani, Frida (2022) Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di MI Datuk Singaraja Kerso Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (618kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (857kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas V di MI Datuk Singaraja Kerso Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Adapun rumusan masalah yang diambil oleh peneliti yaitu: 1) Bagaimana penerapan atau cara penggunaan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat pada penggunaan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitiaan di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data fakta tentang penggunaan Quizizz pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas V di MI Datuk Singaraja Kerso dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber, teknik, waktu, dan member check. Selanjutnya data di analisis dengan mengumpulkan data, memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris yakni terlebih dahulu menyiapkan RPP, menyiapkan soal-soal, materi pelajaran, pembelajaran dilakukan menggunakan media Quizizz, diskusi, evaluasi dan hasil. 2) Faktor pendukung dari penggunaan Quizizz ialah pengaksesannya yang sangat mudah, memudahkan guru dalam menyampaikan materi, memudahkan guru dalam membuat soal atau kuis serta adanya jaringan internet dan sarana prasarana lainnya. Sedangkan faktor penghambat dari penggunaan Quizizz ialah jaringan internet yang kurang lancar, adanya siswa yang tidak membawa smarthphone serta belum adanya lab.komputer di MI Datuk Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:25
Last Modified: 06 Oct 2022 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7423

Actions (login required)

View Item View Item