Ramadani, Dini Meiriska (2022) Analisis Implementasi Etika Bisnis Islam di Jelita Fashion Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (684kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (524kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (395kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (776kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (350kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
Abstract
Bisnis berkembang sangat pesat hingga kini telah menjadi tumpuan roda perekonomian dan kehidupan sosial bagi semua orang. Bisnis telah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan Islam menganjurkan umat muslim untuk berdagang. Suatu bisnis dapat dikatakan baik apabila telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam bisnis diperlukan penerapan etika yang baik seperti kejujuran, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas etika bisnis Islam di Jelita Fashion, 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam jual beli online di Jelita Fashion ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis islam, 3) Untuk mengetahui hambatan serta solusi yang ditemukan dalam penerapan etika bisnis Islam di Jelita Fashion. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Data yang dianalisis merupakan data hasil observasi keadaan, situasi, serta proses wawancara dengan pemilik, karyawan, dan konsumen serta telaah dokumentasi yang didapat dari proses penelitian di Jelita Fashion Kudus. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Aktivitas bisnis yang dijalankan pada Jelita Fashion selama ini telah dilakukan berdasarkan etika bisnis Islam terutama dalam hal kejujuran, sikap amanah, adil, keramah-tamahan, dan keterbukaan, 2) Implementasi etika bisnis Islam di Jelita Fashion telah diterapkan dengan cukup baik pada prinsip kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), dan ihsan (benevolence) walaupun masih ada kekurangan pada prinsip tanggung jawab (responsibility), 3) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam implementasi etika bisnis Islam di Jelita Fashion diantaranya adalah kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Islami secara lebih mendalam serta karyawan yang kurang fokus dalam bekerja sehingga menimbulkan kekecewaan konsumen. Namun solusi-solusi telah diupayakan demi semakin baiknya implementasi etika bisnis Islam di Jelita Fashion
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Transaksi Jual Beli |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7537 |
Actions (login required)
View Item |