Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Materi Statistika

Rosyidah, Umi (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Materi Statistika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (703kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (590kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (622kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di MTS NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus dan beberapa penelitian terdahulu yang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan diantaranya yaitu 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis materi statistika yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain True Eksperimental jenis Pretest- Posttest Control Group Design, dimana terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling dan diambil kelas VIII B (kelas eksperimen) dengan jumlah 35 dan VIII C (kelas kontrol) dengan jumlah 34. Kelas eksperimen yaitu kelas yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan di MTS NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, Karangmalang, Gebog, Kudus. Hasil analisis pada penelitian ini diperoleh simpulan di antaranya adalah: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol terlihat pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diamati melalui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung = 4,065 > t tabel = 1,996, serta mean posttest kelas eksperimen sebesar 79,37 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 71,06, 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas eksperimen yang signifikan antara hasil pretest dan posttest kelas eksperimen yang dapat diamati melalui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung = 14,668 > t tabel = 2,032, serta mean pretest kelas eksperimen sebesar 49,20 dan mean posttest kelas eksperimen sebesar 79,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensiaonal terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Materi Statistika, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Numbered Head Together, dan LKPD
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:07
Last Modified: 08 Nov 2022 03:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7672

Actions (login required)

View Item View Item