IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MODEL TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI NU MIFTAHUL HUDA I LAU DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Faidatur Rofiah, Umi (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MODEL TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI NU MIFTAHUL HUDA I LAU DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Model Tutorial, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Model Tutorial dan dampak positif dan dampak negatif dalam implementasi pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Model Tutorial pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Miftahul Huda I Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MI NU Miftahul Huda I Lau Dawe Kudus. Dari hasil analisis datadapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Implementasi pembelajaran CAI ( Computer Assisted Instruction) Model Tutorial dalam mata pelajaran Fiqih di MI NU Miftahul Huda I Lau Dawe Kudus merupakan pendalaman materi yang sebelumnya sudah diberikan dikelas dan disajikan kembali menggunakan media komputer, kemudian disusul dengan soal- soal ulangan harian yang harus dijawab oleh siswa. Tujuannya adalah meningkatkan kefahaman siswa dalam materi pembelajaran yang diberikan. Faktor pendukung implementasi pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Model Tutorial pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Miftahul Huda I Lau Dawe Kudus yakni beberapa unit komputer yang ada di laboratorium, guru dan siswa. Dan faktor penghambatnya yakni faktor teknis seperti listrik padam dan keterbatasan unit komputer. Dampak positif implementasi pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Model Tutorial pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Miftahul Huda I Lau Dawe Kudus yakni siswa dapat lebih memahami pembelajaran yang diberikan. Sedangkan dampak negatifnya yakni terdapat siswa yang bermain sendiri ketika berada di depan komputer bagi siswa yang kurang disiplin. Adapun saran yang dapat penulis ajukan kepada pihak madrasah, yaitu MI NU Miftahul Huda I Lau Dawe Kudus, untuk lebih meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana guna menunjang proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2017 04:07
Last Modified: 04 Mar 2017 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item