Pengaruh Cyber Religion Dalam Dakwah Milenial Terhadap Perilaku Keagamaan Viewers Channel Youtube Caknun.Com

Nafisah, Khirzatun (2022) Pengaruh Cyber Religion Dalam Dakwah Milenial Terhadap Perilaku Keagamaan Viewers Channel Youtube Caknun.Com. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (331kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Cyber Religion dalam Dakwah Milenial. Untuk mengetahui bagaimana Perilaku Keagamaan Viewers Channel Youtube Caknun.Com. Untuk menganalisis pengaruh Cyber Religion terhadap perilaku keagamaan Viewers Channel YouTube CakNun.com. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) karena sumber data utama yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ada dilapangan. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan deskriptif. Dalam penelitian kuantitatif data yang digunakan untuk diuji yaitu berhubungan dengan sebab akibat antara variabel yang digunakan dengan variabel yang diteliti. Sedangkan penelitian ini menggunakan analisis statistik korelasi parsial. Sumber data yang digunakan menggunakan data primer yaitu menggunakan koesioner melalui google form dengan sampel sebanyak 100 Responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis lebih lanjut menggunakan SPSS 26.0. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Cyber Religion merupakan pengetahuan mengenai agama yang disebarkan melalui internet atau media online, fenomena tersebut menggambarkan pola keagamaan dan kultural dalam masyarakat yang menjelaskan proses virtualisasi agama dan kebudayaan. Kehidupan masyarakat yang saat ini menghendaki segala sesuatu yang berbau instan, praktis, dan cepat, begitu juga dalam beragama, sedangkan dakwah milenial merupakan dakwah yang pelaksanaanya di sesuaikan dengan materi, metode, dan media dakwah dengan kondisi masyarakat milenial sebagai objek dakwah dalam situasi kondisi di era milenial sekarang. 2) Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan bahwa jumlah responden yang menjadi sampel adalah 100 orang. Rata-rata perilaku keagamaan sebesar 36,98 persen dengan standar deviasi sebesar 2,490 persen. Artinya deviasi sebesar 2,490 persen jika dihubungkan dengan rata-rata perilaku keagamaan sebesar 33,54 persen/ orang, maka Cyber Religion dalam dakwah milenial akan berkisar antara 36,98 kurang lebih 2,490 persen dengan pengaruh Cyber Religion dalam dakwah milenial rata-rata 33,54 persen. 3) Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Cyber Religion terhadap perilaku keagamaan Viewers Channel YouTube CakNun.com. Berdasarkan nilai thitung sebesar 3,592 dan tabel sebesar 1,660 (thitung > tabel) serta taraf signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) artinya ada pengaruh Pengaruh Cyber Religion dalam Dakwah Milenial terhadap Perilaku Keagamaan Viewers Channel YouTube CakNun.com.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cyber Religion, Dakwah Milenial, Perilaku Keagamanan, YouTube
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:28
Last Modified: 08 Dec 2022 04:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7797

Actions (login required)

View Item View Item