IMPLEMENTASI MEDIA KOMPUTER MODEL INSTRUCTIONAL GAME PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS NURUL ISLAM JEBOL MAYONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Megawati, Umi (2016) IMPLEMENTASI MEDIA KOMPUTER MODEL INSTRUCTIONAL GAME PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS NURUL ISLAM JEBOL MAYONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata proses pembelajaran di MTs Nurul Islam Jebol Mayong. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana Implementasi Media Komputer Model Instructional Games Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Nurul islam Jebol Mayong Tahun Pelajaran 2015/2016 ?; 2) Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Media Komputer Model Instructional Games Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Nurul Islam Jebol Mayong Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Jebol Mayong. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Pemanfaatan komputer dengan tahapan-tahapan model pembelajaran instructional games. sebagai media pengajaran ini akan menjadi lebih efektif dan efisien, Pemilihan media komputer ini akan membuat pembelajaran Fiqih menjadi lebih menyenangkan dan tidak ada kejenuhan. Kedua, faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran, meliputi faktor media, seperti koneksi yang terputus. Sedangkan dari faktor teknis yaitu ketika listrik mati.Yang terakhir dari faktor materi pembelajaran, yaitu tidak semua materi pelajaran Fiqih dapat disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran instructional games.dan faktor pendukung dalam pembelajaran model instructional games yaitu computer dan sarana prasarana. Adapun saran yang dapat penulis ajukan kepada pihak madrasah, yaitu MTs Nurul Islam Jebol Mayong agar lebih meningkatkan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang berasal dari SD karena pemahaman mereka tentang pendidikan agama sangat kurang dan perilaku pergaulan mereka juga kurang baik jika dibandingkan dengan siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2017 04:15
Last Modified: 04 Mar 2017 04:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item