Anam, Syariful (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Joyfull Learning dengan Bernyanyi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 Ngembalrejo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (150kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (106kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (236kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran joyfull learning dengan bernyanyi pada mata pelajaran bahasa arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 Ngembalrejo Kudus. 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran joyfull learning dengan bernyanyi pada mata pelajaran bahasa arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 Ngembalrejo Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data dan sumber data diperoleh dari data primer, yaitu kepala madrasah dan guru Kelas 1A sedangkan data sekunder diperoleh dari peserta didik Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 Ngembalrejo Kudus. Teknik dalam pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan pengkajian dokumen. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran joyfull learning dengan bernyayi pada mata pelajaran Bahasa arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 Ngembalrejo Kudus, merupakan suatu proses yang di rancang secara sistematis untuk meningkatkan kemampuan peserta didik Kelas 1A khususnya pada mata pelajaran bahasa arab, meliputi: 1) pelaksanaan pembelajaran joyfull learning dengan bernyanyi pada mata pelajaran bahasa arab yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap persiapan, penyampaian, pelatihan dan penutup. Metode yang digunakan adalah dengan bernyanyi. Adapun untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Arab adalah semua materi di setiap bab yang terdapat mufrodat atau kosa kata. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran joyfull learning dengan bernyayi pada mata pelajaran Bahasa arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 Ngembalrejo Kudus yatu : a) Faktor Pendukung terlaksananya pembelajaran joyfull learning dengan bernyayi pada mata pelajaran Bahasa arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 adalah dari pendidik dan peserta didik. Sedangkan, b) Faktor Penghambat pembelajaran joyfull learning dengan bernyayi pada mata pelajaran Bahasa arab Kelas 1A Madrasah Ibtidaiyyah Darul Ulum 02 adalah kurangnya media pendukung dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Joyfull Learning, Bernyanyi, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 02:12 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8125 |
Actions (login required)
View Item |