Dewi, Ayu Puspita (2022) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Penguasaan Konsep Matematika pada Materi Perbandingan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (541kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (556kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (903kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (861kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (848kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (281kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika dan pengalaman Praktik Profesi Lapangan di MTs Tamrinut Thullab, diperoleh informasi bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VII masih tergolong kurang maksimal. Rendahnya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh tingkat kemandirian belajar dan kemampuan penguasaan konsep matematika yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara penguasaan konsep matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan penguasaan konsep matematikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian yaitu siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab yang berjumlah 62 siswa. Sedangkan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpuln data yang berupa angket, tes, observasi dan dokumentasi. Adapun uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda yang meliputi uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Hal ini didukung dengan hasil perhitungan t_hitung>t_tabel(3,421 > 2,026). Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan konsep matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Hal ini didukung dari perolehan nilai t_hitung>t_tabel 3,339 > 2,026. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama kemandirian belajar dan penguasaan konsep matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Hal ini dibuktikan dengan nilai f_hitung>f_tabel sebesar 8,464 > 3,252, nilai signifikansi diperoleh 0,001 < 0,05 dan nilai R Square pada pengujian koefisien determinasi diperoleh sebesar 31,4%, artinya sebanyak 68,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Penguasaan Konsep Matematika, Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 01:33 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 01:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8137 |
Actions (login required)
View Item |