Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Sosial dan Self Efficacy Terhadap Minat Entrepreneurship Mahasiswa MBS FEBI IAIN Kudus Angkatan 2019

Makrufah, Safa’atul (2022) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Sosial dan Self Efficacy Terhadap Minat Entrepreneurship Mahasiswa MBS FEBI IAIN Kudus Angkatan 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (641kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (465kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya masalah pengangguran berpendidikan yang bertambah setiap tahunnya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah pengangguran adalah dengan cara menumbuhkan minat entrepreneurship pada mahasiswa. Sehingga dengan meningkatnya minat entrepreneurship pada mahasiswa dapat mengurangi angka penganggruran berpendidikan, meningkatkan kemandirian dan bahkan dapat menambah jumlah lapangan pekerjaan. Tentunya seseorang yang ingin memulai suatu usaha harus memiliki wawasan atau pengalaman serta pendidikan yang dapat mengontrol suatu usaha agar efektif dalam menjalankannya. Lingkungan sosial juga berperan penting dalam menumbuhkan semangat dalam berwirausaha pada mahasiswa, karena mereka mendapatkan semangat/dukungan dalam menjalankan suatu usaha. Serta yang tak kalah pentingnya adalah self efficacy, karena tanpa adanya self efficacy sebuah usaha tidak dapat berjalan dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan sosial dan self efficacy terhadap minat entrepreneurship mahasiswa MBS FEBI IAIN Kudus angkatan 2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrumen penelitian kepada 69 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan berbagai uji statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Adapun uji statistik yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat entrepreneurship mahasiswa yang dibuktikan dari nilai uji t-hitung sebesar 2,679 dengan signifikasi 0,009. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sosial terhadap minat entrepreneurship mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai uji t-hitung sebesar 7,271 dengan signifikasi sebesar 0,000. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self efficacy terhadap minat entrepreneurship mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai uji t-hitung 3,630 dengan signifikasi sebesar 0,001. (4) terdapat pengaruh secara bersama- sama antara penddidikan kewiirausahaan, lingkungan sosial, dan self efficacy terhadap minat entrepreneuship yang dibuktikan dengan nilai F-hitung sebesar 53,183 dengan tingkat signifikasi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Sosial, Self Efficacy, Minat Enterpreneurship
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:00
Last Modified: 10 Jan 2023 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item