Studi Pelaksanaan Pembelajaran Online Antara Google Classroom dengan Google Meet Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa Biologi Kelas XII MIPA SMA Maarif NU Pandaan

Zulkarnaen, Kurnia Afrizal (2022) Studi Pelaksanaan Pembelajaran Online Antara Google Classroom dengan Google Meet Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa Biologi Kelas XII MIPA SMA Maarif NU Pandaan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (594kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pelaksanaan dan pembelajaran online menggunakan media google classroom pada minat dan motivasi belajar kelas XII MIPA 4 materi Biologi di SMA Maarif NU Pandaan; 2) untuk mengetahui pelaksanaan dan pembelajaran online menggunakan media google meet pada kelas XII MIPA 4 materi Biologi di SMA Maarif NU Pandaan; 3) untuk mengetahui perbandingan antara pelaskanaan google classroom dan google meet pada minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Peneliti mengamati pelaksanaan dan pembelajaran online menggunaan google classroom dan google meet di SMA Maarif NU Pandaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan studi pustaka, teknik wawancara menggunakan 2 cara, yaitu melalui pertanyaan terbuka google form dan wawancara video call dan chat whatsapp. Teknik sampling data non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan 3 informan yakni perwakilan siswa kelas MIPA 4. Data di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sampling informan menggunakan uji credibility, uji dependability dan uji confirmability. Analisis data pada penelitian untuk mengetahui pelaksanaan dan pembelajaran online serta untuk mengetahui perbandingan antara google classroom dengan google meet terhadap minat dan motivasi belajar siswa Biologi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 4 SMA Maarif NU Pandaan. Hasil penelitian ini diperoleh, melalui angket pertanyaan terbuka dan wawancara dari 3 informan yaitu, Faizal, Denata, dan Thia, dapat disimpulkan 1) Pelaksanaan pembelajaran online menggunakan google classroom cukup memadai, mudah diakses, dan tidak cepat menghabiskan kuota. Kendala pada google classroom pada pembelajaran online seperti susah jaringan dan loading lama saat mengoperasikannya. 2) Pelaksanaan pembelajaran online menggunakan google meet membantu siswa dapat berinteraksi antar guru. Kendala pada google meet cepat menghabiskan kuota dan baterai handphone, dan 3) Perbandingan google classroom dan google meet menggunakan beberapa indikator minat dan motivasi. Pada indikator minat, seperti perasaan senang, fokus belajar dan pemahaman materi, siswa lebih memilih google meet kecuali pada indikator rasa ketertarikan. Indikator motivasi, seperti kemampuan menghadapi situasi sulit dan persistensi atau kontinu siswa lebih memilih google classroom kecuali pada indikator ketekunan dan keuletan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Google Classroom, Google Meet, Minat dan Motivasi Siswa, Online
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:26
Last Modified: 02 Feb 2023 07:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item