Rokhaniah, Kholisatur (2022) Motivasi Religius Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatan Kreativitas Guru Aidah Akhlak Di MTs Qodiriyah Demak. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (959kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (477kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (518kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (671kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (561kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (356kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan motivasi religius pembelajaran blended learning dalam meningkatkan kreativitas guru akidah akhlak di MTs Qodiriyah Demak. 2) Mengetahui bentuk-bentuk adaptasi pelaksanaan motivasi religius pembelajaran blended learning dalam meningkatkan kreativitas guru akidah akhlak di MTs Qodiriyah Demak. 3) Untuk Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan motivasi religius pembelajaran blended learning dalam meningkatkan kreativitas guru akidah akhlak di MTs Qodiriyah Demak. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber Data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Motivasi Religius adalah dorongan psikologis yang memiliki dasar ilmiah dari sifat peristiwa manusia. Dalam relung jiwanya, manusia merasakan dorongan untuk mencari dan berpikir tentang pencipta dan pengatur alam semesta, mencari bantuan dalam menghadapi masalah dan bencana. Di MTs Qodiriyah guru akidah akhlak mampu mengembangkan kreativitasnya dengan membuat media pembelajaran dalam melaksanaan pembelajaran blended learning. kepala Madrasah memberikan bimbingan, arahan dan juga pelatihan untuk mengembangkan kreativitas guru dalam membagi waktu pembelajaran supaya efektif dan membuat media pembelajaran supaya peserta didik mudah untuk memahami. (2) Bentuk-bentu motivasi religius di MTs Qodiriyah adalah Bimbingan dan Pelatihan kepada guru-guru di MTs Qodiriyah, Tadarus AlQur’an, Berdo’a bersama, Sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, Infaq hari senin, Istighosah selapanan guru YPI Qodiriyah. Dan Bentuk-bentuk kreativitas yang dihasilkan dalam pelaksanaan motivasi religius pembelajaran blended learning adalah menjalankan Ketaqwaan kepada Allah dan mengembangkan kreativitas dengan manajemen kelasnya dan mengembangkan media yang digunakan pembelajaran akidah akhlak. (3) Kelebihan dari motivasi religius pembelajaran blended learning di MTs Qodiriyah Demak adalah lingkungan lebih aman dan strategis, waktu lebih efektif, efisien yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak lebih efektif, guru dan peserta didik juga bisa leluasa melakukan kolaborasi pembelajaran, kualitas pembelajaran lebih meningkat, mempermudah peserta didik memahami materi pelajaran, bisa belajar dari referensi yang, guru akan lebih meningkatkan kemampuan berpikir, kreasi, inovasi serta kreativitasnya untuk menciptakan atau mengemas materi pelajaran yang akan disampaikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Religius, Pembelajaran Blended Learning, Kreativitas, Guru Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 02:58 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 02:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8309 |
Actions (login required)
View Item |