Minat Masyarakat Terhadap Investasi Emas Melalui Produk Tabungan E- Mas Pada Bank Syariah Indonesia KC. Kudus A. Yani 1

Febriyanti, Diah (2022) Minat Masyarakat Terhadap Investasi Emas Melalui Produk Tabungan E- Mas Pada Bank Syariah Indonesia KC. Kudus A. Yani 1. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
4.BAB 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (700kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) minat masyarakat terhadap investasi emas melalui produk tabungan E-Mas di BSI, 2) faktor faktor yang mempengaruhi minat masyarkat terhadap investasi emas melalui produk tabungan E-Mas di BSI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskrptif. Subyek penelitian ini adalah masyarakat kota Kudus dan karyawan BSI KC.Kudus A. Yan 1. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Minat masyarakat terhadap investasi emas melalui produk tabungan E-Mas di BSI dikarenakan investasi emas menguntungkan, investasi yang aman (zero inflatinon), investasi dengan resiko kerugian yang rendah, lebih aman jika dibandingkan dengan investasi produk yang lain, bernilai jual tinggi dan mudah dalam bertransaksi, merupakan produk yang menarik, dan halal sesuai syariat Islam. 2) Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap investasi emas melalui produk tabungan E-Mas pada BSI yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sebagai berikut: a) faktor pengetahuan yang berasal dari diri seseorang seperti rasa ingin tahu, pengetahuan produk tabungan E-Mas, halal, transaksi harga, keuntungan investasi emas, keaslian emas, dan lainnya. b) faktor kebutuhan c) faktor tingkat pendapatan d) Faktor social. Sedangkan faktor eksternal sebagai berikut; a) promosi, teman, keluarga, kolega dan lainnya. b) faktor lingkungan. 3) Kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia dalam menarik minat masyarkat yakni, a) kurangnya pengenalan produk (promosi), b) banyaknya kompetitor, c) sulitnya penuasaan IT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat, Investasi emas, Tabungan E-mas
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:19
Last Modified: 06 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8325

Actions (login required)

View Item View Item