Maulana, Alfian Rohman (2022) A Content Analysis of The Vocabulary on Disney Movies Playlist In ‘Learn English with TV Series’ Youtube Channel. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (428kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (652kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (274kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
Abstract
YouTube merupakan salah satu media video sharing dan streaming terbesar di dunia. Banyak orang mengakses YouTube dengan tujuan yang beragam dikarenakan hampir semua jenis video terdapat di YouTube. Ada yang mencari hiburan seperti menonton video komedi, film pendek, aktivitas harian selebriti, hingga menonton orang sedang makan (mukbang). Ada juga yang mencari informasi seperti tutorial mengoperasikan sesuatu (digital maupun fisik), tutorial merakit suatu benda, hingga tutorial beternak yang baik ada di YouTube. Luasnya informasi di YouTube sudah menyamai mesin pencari seperti google, hanya saja informasi yang dihadirkan berupa video. Jika dikaitkan pendidikan, YouTube memiliki potensi yang baik untuk berperan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, salah satunya yaitu menjadi media pembelajaran Bahasa Inggris. Learn English with TV Series merupakan salah satu kanal YouTube yang mengunggah banyak video pembelajaran Bahasa Inggris dengan bahan pembahasan dari isi film dan serial TV pilihan dengan rating terbaik tingkat internasional. Namun untuk menjadikan YouTube sebagai media pembelajaran, perlu adanya analisis konten agar video yang digunakan dapat memenuhi syarat dan dapat diterima di lingkup pendidikan Indonesia. Untuk itu, beberapa parameter ditetapkan untuk mengukur kesesuaian konten dari kanal Learn English with TV Series dengan kurikulum dan budaya di Indonesia melalui metode triangulasi sumber data. Dengan dilakukan analisis konten, hasil dari analisis dapat memudahkan guru dalam memilih video sesuai dengan klasifikasi tingkatan kelas di lingkup pendidikan Indonesia serta memilih materi yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa, terutama penguasaan kosakata yang merupakan fokus dari penelitian ini. Terlebih pada situasi pandemic covid-19, penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran akan sangat membantu dalam proses pembelajaran jarak jauh, terutama pelajaran Bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | YouTube, learning media, Learn English with TV Series, vocabulary |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 03:44 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 03:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8329 |
Actions (login required)
View Item |