Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Critical thinking) Siswa Kelas VIII di MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Mukhlisin, Agung (2022) Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Critical thinking) Siswa Kelas VIII di MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru IPS kelas VIII dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Melalui penelitian ini, penulis berupaya untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di MTs Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus tahun ajaran 2021/2022. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana upaya guru IPS meningkatkan kemampuan berpikir kritis (Critical thinking) peserta didik kelas VIII MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus? 2) Faktor penghambat guru IPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis (Critical thinking) peserta didik kelas VIII di MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi (naratif). sumber data dalam penelitian ini yaitu guru IPS kelas VIII, dan peserta didik kelas VIII. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, waktu. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan validasi data. Hasil penelitian sesuai dengan fokus penelitian menunjukkan bahwa 1) upaya guru IPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs NU Mawaqi’ul Ulum yaitu dengan menyiapkan perencanaan pembelajaran pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencakup dari materi pelajaran, metode, dan evaluasi yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembejaran, guru menggunakan metode diskusi yang dianggap tepat diterapakan pada pembelajaran IPS yang bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir ritis peserta didik. 2) Terdapat faktor penghambat yang mempengaruhi kesulitan upaya guru IPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dari faktor peserta didik dan keadaan sarana prasarana. Dalam proses pembelajaran terdapat peserta didik yang masih belum bisa mengikuti kegitan belajar mengajar di kelas secara optimal. Masih terdapat peserta didik yang diam tidak mengikuti pembelajaran secara optimal dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Selain faktor peserta didik, fasilitas menjadi penghambat yang di hadapi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Keterbatasan fasilitas dalam pembelajaran membuat guru harus berusaha sendiri dalam penyiapan penggunaan alat peraga pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, IPS, Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:06
Last Modified: 08 Feb 2023 01:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8352

Actions (login required)

View Item View Item