Pengaruh Cashback, Locus of Control, dan Financial Knowledge terhadap Penggunaan Shopee Paylater dengan Islamic Ethics sebagai Variabel Moderasi

Camilia, Rahma (2022) Pengaruh Cashback, Locus of Control, dan Financial Knowledge terhadap Penggunaan Shopee Paylater dengan Islamic Ethics sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan digitalisasi yang berpengaruh pada peningkatan pengguna e-commerce saat ini, menjadikan platform e-commerce memberikan kemudahan dalam metode pembayaran cicilan yang disebut dengan paylater. Paylater merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan pengguna dengan sistem beli sekarang bayar nanti. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cashback, locus of control, dan financial knowledge berpengaruh terhadap penggunaan shopee paylater dan ketika cashback, locus of control, dan financial knowledge jika dilaksanakan dengan Islamic ethics akan memperkuat atau memperlemah pada penggunaan shopee paylater. Jenis penelitian ini menggunakan field research dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu mahasiswa kudus yang pernah melakukan pembelian di Shopee menggunakan metode pembayaran Shopee paylater. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti dan didapatkan sampel sebanyak 96 responden dengan teknik non probability sampling melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan IBM Statistics SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji koefisien determinasi, uji statistik F, uji statistik t, dan uji MRA). Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan cashback dan locus of control berpengaruh terhadap penggunaan shopee paylater, financial knowledge tidak berpengaruh terhadap penggunaan shopee paylater, dan secara parsial, ketika Islamic ethics di uji sebagai variabel moderasi tidak dapat memperkuat atau memperlemah antara cashback terhadap penggunaan shopee paylater, locus of control terhadap penggunaan shopee paylater, dan financial knowledge terhadap penggunaan shopee paylater.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cashback, Locus of Control, Financial Knowledge, Penggunaan Paylater, dan Islamic Ethics
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:23
Last Modified: 10 Feb 2023 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item