Damayanti, Putri Eka (2022) Pemanfaatan Modul Bimbingan Kelompok Islami Untuk Melatih Keterampilan Manajemen Waktu Akademik Siswa Kelas VIII B Di MTs Sunan Prawoto. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (480kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (734kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (595kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (273kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa tentang manajemen waktu akademik dapat menghambat siswa mengalokasikan waktu untuk belajar, dan kurangnya media penunjang untuk membantu Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media penunjang layanan bimbingan kelompok islami untuk membantu Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk dan bagaimana penggunaan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahapan. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket ahli materi, ahli media, tanggapan Guru Bahasa Indonesia, dan Respon Guru Bimbingan dan konseling melalui uji coba kepada 3 Guru Bimbingan dan konseling di MTs Sunan Prawoto. Modul bimbingan kelompok islami yang dikembangkan penulis,disampaikan kepada Guru Bimbingan dan Konseling melalui pelatihan dengan 3 kali pertemuan, dan Guru Bimbingan dan Konseling melaksanakan layanan bimbingan kelompok islami kepada siswa dengan 3 kali pertemuan. Adapun hasil penelitian, penulis melakukan validasi kepada ahli materi mendapatkan skor sebesar 69,3% dengan kategori layak digunakan, ahli media mendapatkan skor sebesar 93,1% dengan kategori sangat layak digunakan, tanggapan Guru Bahasa Indonesia mendapatkan skor sebesar 90,7% dengan kategori sangat layak digunakan. Kemudian respon 3 Guru Bimbingan dan Konseling setelah diberikan pelatihan mendapatkan skor sebesar 91,4%, 93,5%, dan 89,5%, dengan kategori sangat baik/sangat layak digunakan, dan siswa kelas VIII B MTs Sunan Prawoto sekarang bisa mengatur waktu belajarnya dengan membuat jadwal kegiatan dan memprioritaskan yang lebih penting dan mendesak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul bimbingan kelompok islami untuk melatih keterampilan manajemen waktu akademik siswa dinyatakan sangat layak digunakan untuk Guru Bimbingan dan Konseling sebagai media penunjang dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok islami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Bimbingan Kelompok Islami, Manajemen Waktu Akademik. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 01:35 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 01:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8476 |
Actions (login required)
View Item |