Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Umkm Kedai Maqha Bae Kudus

Amaroh, Zuni Fatul (2022) Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Umkm Kedai Maqha Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Agar bisnis mampu bersaing serta dapat memenangkan persaingan, yang tidak lain bertujuan untuk mempertahankan bisnis mereka. Maka diperlukan adanya strategi bersaing yang salahsatunya adalah strategi marketing mix (bauran pemasaran) dengan sekaligus menerapkan suatu kegiatan bisnis secara syariah oleh pelaku usaha UMKM café. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi marketing mix dalam perspektif etika bisnis Islam pada UMKM Kedai Maqha Bae Kudus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan deskriptif analitis. Subjek yang digunakan adalah UMKM Kedai Maqha Bae Kudus. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan marketing mix yang dilakukan oleh UMKM Kedai Maqha dalam perspektif bisnis Islam yang ditinjau dari segi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence telah menerapkan konsep etika bisnis Islam secara keseluruhan. Terbukti jika dilihat pada analisis product, pada pembuatan menu makanan maupun minuman UMKM Kedai Maqha telah menggunakan bahan baku halal dan juga dari segi kualitas mampu memberikan kualitas makanan maupun minuman yang baik. Dan juga dalam variabel harga, harga yang ditetapkan untuk produk menu di UMKM Kedai Maqha tidak adanya unsur menyaingi harga pesaing. Pengambilan keuntungan menggunakan standard margin cost plus dan standard penetapan harga dari pesaing. Kemudian dari segi tempat, UMKM Kedai Maqha menjalankan prinsip ta’awun (tolong-menolong) kepada sesama seperti menjaga hubugan baik dengan masyarakat sekitar. Serta mendukung segala kegiatan positif masyarakat sekitar usaha. Dalam hal promosi, UMKM Kedai Maqha wajib dan harus menerapkan prinsip kejujuran, dan juga penakaran yang sesuai. Selanjutnya terkait hal orang, UMKM Kedai Maqha selalu menjaga keramah-tamahan kepada konsumen, dalam hal antara kegiatan ibadah dan pekerjaan dilakukan secara bergantian sehingga tidak mengganggu antara ibadah dan pekerjaan, serta pembayaran gaji dilakukan selalu tepat waktu. Dalam variable proses, penerapan sikap tanggung jawab terhadap segala complain dari customer. Dan yang terakhir yakni bukti fisik, desain interior dari UMKM Kedai Maqha dengan mengutamakan kesan simple dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Etika Bisnis Islam
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:41
Last Modified: 14 Feb 2023 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8478

Actions (login required)

View Item View Item