Pengaruh PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di Mi Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati

Putra, Maulana Fadillah (2022) Pengaruh PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di Mi Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (444kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (661kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah penyebab terjadinya pembelajaran jarak jauh di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati, 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek 26 responden yang merupakan siswa kelas 5 MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati. Dan dalam pengambilan sampelnya menggunakan teknik nonprobability sampling. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang pengaruh PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di Mi Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati. Dalam analisis ini peneliti menggunakan SPSS dengan analisis uji tegresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, 1) Penyebab terjadinya pembelajaran jarak jauh di MI Al-Asya’ari dikarenakan adanya pandemi covid 19. Pamdemi Covid-19 yang berlangsung hampir 3 tahun terakhir, telah membawa dampak yang sangat signifikan di dunia pendidikan. Kondisi yang memperburuk krisis pembelajaran yang telah terjadi dalam waktu yang cukup lama. Pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk segera melakukan perubahan drastis pola pembelajaran di kelas yang dulunya bisa bertatap muka secara langsung dan sekarang harus dilakukan dengan sistem pendidikan jarak jauh (online). Hasil dari uji tegresi linier sederhana bahwa nilai Fhitung = 48,191 dengan taraf signifikasi sebesar 0,000. Dengan menggunakan tingkat keyakinan 95%, α = 5%, df1 (jumlah variabel -1) atau 2 - 1 = 1, dan df2 (n-k-1) atau 26 - 1 - 1= 24 (n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel independen), diperoleh hasil untuk Ftabel sebesar 4,26. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 48,191 > 4,26 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Itu artinya ada pengaruh dari penerapan pembelajaran jarak jauh (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas V MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati. Hasil uji analisis lanjut dapat diperoleh nilai rhitung sebesar 0,817. Adapun diketahui jika nilai rtabel dengan N= 26 dan derajat signifikasi sebesar 5% adalah 0,388. Jadi rhitung > rtabel, artinya hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa kelas V di masa pendemi Covid-19 di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jarak jauh, Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:57
Last Modified: 17 Feb 2023 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8572

Actions (login required)

View Item View Item