Eksprimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di MTs NU Mu’allimat Kudus

Asih, Ika (2022) Eksprimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di MTs NU Mu’allimat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (736kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (883kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dan jigsaw, 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang lebih baik antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dan jigsaw. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Mu’allimat Kudus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan Post-Test Only Control Group Desain. Pada penelitian ini, sampel dipilih secara random dan diperoleh kelas VII A sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan tes tertulis. Hasil analisis uji independent t-test diperoleh simpulan bahwa 1) hasil belajar siswa yang menggunakan model jigsaw lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model ekspositori, dibuktikan dengan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, thitung = 2,915 > ttabel = 1,99547, serta nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kelas kontrol (83,14 >77,63). 2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model jigsaw lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model ekspositori, dibuktikan dengan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,033 < 0,05, thitung = 2,173 > ttabel = 1,99547, serta nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kelas kontrol (82,57>78,69). Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model jigsaw lebih baik daripada hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:25
Last Modified: 20 Feb 2023 03:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item