Makna Hijab dalam Video ‘Sunsilk Hijab Ice Tea dengan Sensasi Dingin’ di Kanal Youtube Sunsilk Indonesia

Zahroh, Fatimatuz (2022) Makna Hijab dalam Video ‘Sunsilk Hijab Ice Tea dengan Sensasi Dingin’ di Kanal Youtube Sunsilk Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Hijab merupakan salah satu jenis pakaian yang identik dengan perempuan. Di perkembangan terkini hijab tidak hanya digunakan sebagai pelindung diri, tetapi juga memiliki tren sendiri. Tidak dapat dipungkiri perempuan berhijab sekarang ini, menjadi objek panahan bagi industri perhijaban. Hal ini terjadi karena maraknya hijabers yang semakin eksis baik di dunia nyata maupun dunia maya dengan dibantu media sosial yang sedang masif perkembangnya. Iklan Shampo Sunsilk ini sebagai wadah untuk perempuan berhijab agar tetap eksis. Pada produk yang ditampilkan, produk shampo khususnya untuk perempuan berhijab ditampilkan dengan keanggunan dan keramah tamahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis semiotika perempuan berhijab dalam iklan Shampo Sunsilk Hijab Ice Tea. Teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teori analisis semiotika menurut Charles Sanders Peirce yang memiliki tiga elemen utama yakni: Ikon, indeks, dan simbol. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika. Teknik Pengumpulan data peneliti adalah dokumentasi dengan cara observasi pada setiap scene yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Shampo Sunsilk Hijab Ice Tea merupakan iklan komersial biasa. Dalam iklan digambarkan tentang citra diri seorang perempuan berhijab yang memiliki penampilan penuh percaya diri dan selalu merasakan kesegaran serta keharuman sepanjang hari. Pada iklan produk Shampo Sunsilk Hijab Ice Tea tampak nilai-nilai dakwah yang tersurat dengan penampilan seorang perempuan yang gemar belajar karena kondisi badan yang sehat serta nyaman diimbangi penampilan anggun dan islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hijab, Iklan, Shampo Sunsilk, Youtube
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:50
Last Modified: 21 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8640

Actions (login required)

View Item View Item