Mubarok, M. Khusnil (2022) Manajemen Supervisi Artistik dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (385kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (183kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (121kB) |
|
Text
09 BAB VI.pdf Download (85kB) |
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
Keberhasilan dalam manajemen supervisi artistik merupakan kunci utama dari upaya peningkatan kompetensi profesional guru. Manajemen supervisi artistik yang baik dapat diukur dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi. Dalam pelaksanaannya model supervisi artistik menitik beratkan pada hubungan kemanusiaan yang saling ada kerelaan, kepercayaan, pengertian, menghormati dan tercipta kesepakatan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Melalui supervisi artistik guru dinilai tidak hanya pada tingkat pengetahuannya (knowledge) saja, namun juga tingkat keterampilan (skill) dan kiat (art). Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview), dan studi dokumen. Sedangkan tehnik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifying). Hasil penelitian bahwa manajemen supervisi artistik dalam peningkatan kompentensi profesional guru di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan Kepala Madrasah menentukan terlebih dahulu terkait gambaran masa depan kepala sekolah terhadap kompetensi guru yang diharapkan, tujuan jangka pendek dan jangka panjang pelaksanaan supervisi artistik, penjadwalan pelaksanaan supervisi artistik, prosedur-prosedur yang dikembangkan untuk peningkatan kompetensi profesional guru menggunakan pendekatan supervisi artistik, dan kebiajakan-kebijakan yang akan dilakukan untuk peningkatan kompetensi profesional guru menggunakan pendekatan supervisi artistik. Pelaksanaan supervisi artistik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo dilaksanakan sesuai dengan perencanaan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertemuan awal, tahap observasi kelas, dan tahap pertemuan akhir dan pada setiap tahapan pertemuan awal dan observasi terdiri dari tiga bagian penting yaitu bagian pendahuluan, bagian inti dan bagian penutup. Evaluasi pelaksanaan supervisi artistik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo terdiri dari empat tahap yaitu mendengarkan, menjelaskan, pemecahan masalah dan penutup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Supervisi Artistik, Kompetensi Profesional Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8645 |
Actions (login required)
View Item |