Upaya Guru dalam Pembentukan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Khat di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus

Almas, Nadjma Laynufaria (2022) Upaya Guru dalam Pembentukan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Khat di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan mendapat tantangan mengenai semakin banyaknya masalah moral atau akhlak, hal tersebut menandakan bahwa karakter bangsa telah rusak, banyak peserta didik melakukan hal yang tidak berkarakter, berbudaya, dan bermoral. Untuk itu penanaman nilai karakter kepada peserta didik sangat penting untuk dilakukan agar memperkuat karakter peserta didik yang dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang upaya guru dalam pembentukan nilai karakter peserta didik melalui pembelajaran khat di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Penelitian ini bertujuan, Pertama, untuk menelusuri upaya guru dalam pembentukan nilai karakter kepada peserta didik melalui pembelajaran khat. Kedua, untuk mengetahui karakter peserta didik dalam pembelajaran khat. Ketiga untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam pembentukan nilai karakter peserta didik melalui pembelajaran khat. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Subjek penelitian ini meliputi, kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Teknik yang digunakan mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan lalu diverifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam pembentukan nilai karakter peserta didik melalui pembelajaran khat yaitu memaksimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan metode pembelajaran, pemberian motivasi, dan memberikan teladan yang baik selama pembelajaran khat. (2) Karakter peserta didik akan terbentuk melalui pembelajaran khat yaitu, religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan gemar membaca. (3) Faktor pendukung pembentukan nilai karakter peserta didik melalui pembelajaran khat berupa antusiasme peserta didik cukup baik dalam mengikuti pembelajaran khat, sarana dan prasarana yang cukup membantu dan kegiatan rutin madrasah. Selain itu, faktor menghambat pembentukan nilai karakter peserta didik yaitu terbatasnya waktu pembelajaran, kemampuan peserta didik yang tidak sama rata, dan LCD proyektor belum tersedia. Solusinya yaitu guru memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, guru memaksimalkan kegiatan mengajarnya dengan menggunakan metode yang dapat menarik minat peserta didik, dan guru memberikan motivasi belajar. Manfaat pembelajaran ini, peserta didik dapat menulis khat dengan baik, memiliki wawasan luas tentang khat, dan memiliki nilai karakter yang positif yang dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Nilai Karakter, dan Pembelajaran Kaligrafi (Khat).
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:53
Last Modified: 28 Feb 2023 07:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item