Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran Pai Di Mts Muhammadiyah 3 Sumberrejo Bojonegoro

Yunus, Muhammad (2022) Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran Pai Di Mts Muhammadiyah 3 Sumberrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan blended learning pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah 3 Sumberrejo Bojonegoro, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi blended learning pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah 3 Sumberrejo Bojonegoro, (3) Untuk mengetahui dampak implementasi blended learning pada pembeljaran PAI di MTs Muhammadiyah 3 Sumberrejo Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan blended learning dilakukan dengan berdasarkan rancangan yang telah disiapkan oleh guru mapel fikih kelas VIII seperti menyiapkan jadwal belajar, pembelajaran tatap muka dan online, pembagian materi belajar dan materi yang relevan disampaikan tatap muka dan online. Rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus sebagai perangkat pembelajaran yang telah disusun sebelumnya, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat blended learning dipengaruhi oleh dua faktor yaitu factor internal dan factor eksternal; factor internal yaitu sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan metode, serta penggunaan aplikasi yang tepat dalam pembelajaran daring ; factor eksternal yaitu masalah jaringan internet dan biaya untuk membeli kuota internet, (3) dampak blended learning yaitu peningkatan semangat dan motivasi belajar siswa, menambah wawasan teknologi bagi pendidik dan peserta didik, merasakan model belajar yang bervariasi melalui aplikasi dan media belajar online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Blended Learning dan Pembelajaran PAI
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:52
Last Modified: 03 Mar 2023 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item