Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Gaya Siswa Kelas IV MI NU Manafiul Ulum 02 Getassrabi Gebog Kudus Tahun 2022

Malia, Olla Noor (2022) Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Gaya Siswa Kelas IV MI NU Manafiul Ulum 02 Getassrabi Gebog Kudus Tahun 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (775kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana penggunaan model CTL berbasis media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV. 2) Mengetahui bagaimana pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV khususnya materi macam-macam gaya. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pra-Eksperimental Design dalam bentuk The one shot case study. Populasinya yaitu siswa kelas IV terdiri dari 1 kelas. Sampelnya berjumlah 30 siswa dengan teknik purposive sampling. Kemudian data dikumpulkan dengan instrument soal. Metode analisisnya adalah analisis diskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Media flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Gaya Siswa Kelas IV MI NU Manafiul Ulum 02 terhadap hasil belajar , yaitu dibuktikan dari uji hipotesis hasil belajar menggunakan perhitungan SPSS Versi 25, didapatkan signifikansi 0, 000, sedangkan nilai α adalah 0, 05. Dapat dinyatakan bahwa 0, 000 < 0, 005. Artinya, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum di terapkan model CTL berbasis media flashcard (pretest) dan setelah di terapkan model CTL berbasis media flashcard (posttest) . Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL berbasis media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi macam-macam gaya Siswa Kelas IV MI NU Manafiul Ulum 02 Getassrabi Gebog Kudus Tahun 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Media Flashcard, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:24
Last Modified: 06 Mar 2023 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item