Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences di Era Disruptive Education pada Peserta Didik Kelas Rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus

Fatma, Vina Rosalia (2022) Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences di Era Disruptive Education pada Peserta Didik Kelas Rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (799kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin terbarui mendorong keharusan untuk mengoptimalisasi skill yang dimiliki pada setiap manusia. Lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan yang beragam pada setiap manusia, khususnya untuk peserta didik kelar rendah yang membutuhkan penanganan yang lebih awal, dimana penerapannya tidak hanya memfokuskan pada pembelajaran pengetahuan dan bahasa saja, melainkan keterampilan dalam mengikuti perkembangan zaman berupa kemajuan teknologi. Pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences sebagai salah satu model pembelajaran yang mampu menyesuaikan gaya belajar pada tiap-tiap kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di era disruptive education pada peserta didik kelas rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus. (2) Mengetahui apa faktor pendukung, penghambat, dan solusi dari penerapan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di era disruptive education pada peserta didik kelas rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi lapangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode Wawancara, Observasi dan dokumentasi. Metode wawancara dan dukmentasi digunakan untuk menggali data tentang metode, langkah-langkah, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi dalam penerapan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di era disruptive education pada peserta didik kelas rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus, sarana dan prasarana serta dokumen sekolah, sedangkan Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di era disruptive education pada peserta didik kelas rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di era disruptive education pada peserta didik kelas rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus terdiri dari kegiatan perencanaan pembelajaran, kegiatan pelaksanaan pembelajaran, dan kegiatan evaluasi. (2) Faktor pendukung dari penerapan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di era disruptive education pada peserta didik kelas rendah MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus meliputi faktor internal dan faktor eksternal, faktor penghambat meliputi waktu pelaksanaan pembelajaran, kondisi ekonomi yang berbeda pada tiap peserta didik, kemampuan dan kesiapan peserta didik yang berubah-ubah. dan solusi dari faktor penghambat meliputi, pemanfaatan waktu, informasi yang tepat, dan kesabaran dalam mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran Tematik, Multiple Intelligences, Disruptive Education
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:33
Last Modified: 07 Mar 2023 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item