Penerapan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor

Ariyanti, Mega Yuni (2022) Penerapan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

Tujun penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran matematika kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Rumusan masalah dalam penelitin ini yaitu pertama Bagaimana penerapan media pembelajaran Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, dan kedua yaitu Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan menerapkan media pembelajaran Puzzle pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif pre-experimental designs (non designs), yang berupa one-group pretest-postes. Penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi buat mengetahui aktivitas siswa dan guru pada pelaksanaan proses belajar, tes (sebelum dan sesudah) penerapan media puzzle untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi, sedangkan dokumentasi pengumpulan data yang relevansi pada penelitian. Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, yang berjumlah 21 siswa. Hasil pretest sebesar 23,8%, dan hasil posttest 85,71%. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, juga ditunjukan pada analisis uji hipotesis yaitu perhitungan yang diperoleh t_hitung 7,236 >〖 t〗_tabel 2,085, maka (H_a) diterima dan (H_o) tidak diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pebelajaran Puzzle, Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:08
Last Modified: 07 Mar 2023 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8935

Actions (login required)

View Item View Item