PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) DI MTS MASLAKUL HUDA SLUKE REMBANG

Abdillah, Suar (2016) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) DI MTS MASLAKUL HUDA SLUKE REMBANG. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (520kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (572kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep diri kelas VII di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang (2) Penyesuaian diri peserta didik kelas VII di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang. (3) Pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII dalam proses belajar mengajar (PBM) di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode interview, metode angket, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas VII di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang, dengan jumlah sampel 33 orang. Penelitian ini penulis menggunakan angket untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri peserta didik kelas VII dalam proses belajar mengajar berdasarkan konsep diri yang diperoleh dari soal-soal pernyataan yang peneliti ajukan. (1) Nilai rata-rata konsep diri sebesar 82,69 yang masuk dalam interval 81–87 berkategori “Baik”. (2) Nilai rata-rata penyesuaian diri peserta didik kelas VII dalam proses belajar mengajar (PBM) sebesar 75,63 yang masuk dalam interval 73–77 juga berkategori “Baik”. (3) Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh Freg lebih besar dari Ftabel dengan taraf signifikansi 5% maupun 1% (17,185 > 2,93 > 4,54), maka Ha diterima atau Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII dalam proses belajar mengajar (PBM) di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang. Hasil perhitungan rxy menyatakan korelasi kedua variabel sebesar 0,61 mempunyai tingkat korelasi “Kuat”. Berdasarkan nilai koefisisen determinasi pengaruh antara konsep diri terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII dalam proses belajar mengajar (PBM) di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang sebesar 37,21%. Sebagai sisanya 62,79% merupakan pengaruh variabel lain yang belum penulis teliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Penyesuaian Diri Peserta Didik; Proses Belajar Mengajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 04:07
Last Modified: 25 Mar 2017 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item