Ta'tsir Istikhdam Thariqah Herbart Litarqiyah Maharah al Kalam al Lughah al 'Arabiyyah li al Thullab fi Shafi al Saminah bi al Madrasah Tsanawiyyah Darusy Syifa al Islami Ploso Jati al Sanah al Dirasah 2021/2022

Safitri, Eva Laila (2022) Ta'tsir Istikhdam Thariqah Herbart Litarqiyah Maharah al Kalam al Lughah al 'Arabiyyah li al Thullab fi Shafi al Saminah bi al Madrasah Tsanawiyyah Darusy Syifa al Islami Ploso Jati al Sanah al Dirasah 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Metode herbart adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan jalan menghubungkan antara tanggapan lama dengan tanggapan baru sehingga menimbulkan berbagai tanggapan dari siswa, peneliti menggunakan Metode Herbart dalam pembelajaran bahasa arab agar siswa tertarik dengan pembelajaran bahasa arab. sehingga dengan ketertarikan tersebut kemampuan mereka dalam berbicara bahasa arab menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode herbart dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas VIII di MTs Daarusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MTs Daarusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus yaitu kelas VIII. Selanjutnya untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode pengumpulan angket, yang diperkuat dengan metode observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa Penggunaan metode Herbart dalam pelajaran bahasa arab di MTs Daarusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus dalam menunjukkan hasil yang baik dengan kategori “Baik” yaitu R2 sebesar 0,080%. Nilai koefisien regresi bernilai positif (+), sehingga dapat dikatakan bahwa metode Herbert (X) memiliki pengaruh positif pada maharoh kalam (Y). Jadi persamaan regresinya adalah 29.302 = 0.403. signifikan (Sig.) dari 0.130 < 0.05. Nilai T Hitung dan T tabel 1.559 > 2.228 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa "ada pengaruh penggunaan metode Herbart untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab untuk siswa di kelas delapan”. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Herbart Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Daarusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Herbart, Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:57
Last Modified: 08 Mar 2023 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item