ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN THE LAW OF EXERCISE (HUKUM LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Munfarihah Anas, Itsna (2017) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN THE LAW OF EXERCISE (HUKUM LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
04 Bab I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (541kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Mata pelajaran Fiqih sebagai salah satu mata pelajaran yang dilakukan untuk menumbuhkan pribadi yang taat bagi peserta didik. Penerapan The Law Of Exercise (hukum latihan) mampu memberi perubahan belajar siswa, kemudian dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah strategi guru dalam penerapan the law of exercise (hukum latihan) pada mata pelajaran fiqih di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2) Langkah-langkah strategi guru dalam penerapan the law of exercise (hukum latihan) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam penerapan the law of exercise (hukum latihan) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang di sajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Langkah-langkah strategi guru dalam penerapan the law of exercise (hukum latihan) pada mata pelajaran fiqih di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Penerapan the law of exercise (hukum latihan) dalam pembelajaran fiqih menggunakan beberapa metode yaitu metode diskusi dan drill. Langkah-langkah penerapannya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 2) Langkah-langkah strategi guru dalam penerapan the law of exercise (hukum latihan) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian adalah efektif. Hal ini dapat dibuktikan saat guru menggunakan the law of exercise (hukum latihan) siswa mampu berpikir dalam memahami dan menguasai materi pelajaran fiqih. Dan untuk mengetahui tentang meningkatkan kemampuan kognitif, guru memberikan penilaian atau evaluasi-evaluasi pada siswa. 3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam penerapan the law of exercise (hukum latihan) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Faktor pendukung, yakni faktor internal dan eksternal dari guru maupun siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yakni kesulitan dalam belajar, tidak memahami materi dan peserta didik yang gaduh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: StrategI; The Law Of Exercise (Hukum Latihan); Kemampuan Kognitif; Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 04:58
Last Modified: 25 Mar 2017 04:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item