Muna, Azizatul (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 2 Selama Pembelajaran Blanded Learning di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (459kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Pembelajaran edutainment bertujuan mengajak peserta didik untuk menyenangi semua mata pelajaran. Kreativitas guru sangat diperlukan agar mereka dapat menjadi fasilitator, dan mitra belajar bagi peserta didik. Selama covid 19 pembelajaran siswa mengkombinasikan 2 model pembelajaran yaitu model pembelajaran secara (face-to-face) dan model pembelajaran berbasis learning. Model pembelajaran ini disebut model pembelajaran Blended Learning. Fokus Penelitian ini menjawab permasalahan: (1) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis edutainment di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus? (2) bagaimana pelaksanaan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas 2 di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus? (3) bagaimana hambatan dan solusi tentang implementasi pembelajaran berbasis edutainment dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas 2 di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran berbasis edutainment di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus yaitu: pembelajaran dalam bentuk bercerita, pembelajaran dalam bentuk menonton video, pembelajaran dalam bentuk berkelompok, pembelajaran dalam bentuk menyanyi, dan pembelajaran dalam bentuk mini game. (2) upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus, yaitu: memberikan metode pembelajaran yang sesuai, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi, memberi angka atau nilai yang bagus, memberi pujian, memberi hukuman bagi siswa yang bertindak negatif. (3) faktor hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran edutainment yaitu: adanya rasa “kurang percaya diri” dari diri peserta didik, peserta didik mengganggu temannya ketika pelajaran berlangsung, peserta didik kesulitan memahami materi sendiri. Sedangkan solusi yang dilakukan adalah peserta didik diberi kemampuan berfikir yang luas, memberikan motivasi belajar kepada peserta didik, menambah sarana dan prasarana. ======================================================================================== Edutainment learning aims to invite students to enjoy all subjects. Teacher creativity is needed so that they can become facilitators and learning partners for students. During covid 19, student learning combined 2 learning models, namely the face-to-face learning model with the learning-based learning model. This learning model is called the Blended Learning learning model. The focus of this research is to answer the following problems: (1) How is the implementation of education-based learning at SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus? (2) How is the Implementation of Students' Learning Motivation in the Class 2 PAI Subject at SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus? (3) What are the obstacles and solutions regarding the Implementation of Education-Based Learning in Improving Students' Learning Motivation in Class 2 PAI Subjects at SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus? This study uses a naturalistic qualitative approach. Data collection techniques using the method of observation, interviews, documentation. Test the validity of the data by triangulation. Data analysis techniques with data reduction, data presentation, and verification or data inference. The results of the analysis of this study indicate that: (1) the implementation of edutainment-based learning at SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus, namely: learning in the form of storytelling, learning in the form of watching videos, learning in groups, learning in the form of singing, and learning in the form of mini games. (2) efforts to increase students' learning motivation in PAI subjects at SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus, namely: providing appropriate learning methods, using language that is easily understood by students, giving prizes to students who excel, giving good points or grades , give praise, give punishment for students who act negatively. (3) the obstacle factors faced in edutainment learning are: a sense of "lack of confidence" from the students themselves, students disturbing their friends when the lesson takes place, students having difficulty understanding the material themselves. While the solution is that students are given broad thinking skills, provide learning motivation to students, add facilities and infrastructure.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Edutainment, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PAI. Pembelajaran Blanded Learning | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:22 | |||||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:25 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9048 |
Actions (login required)
View Item |