Hubungan Kegiatan Membaca Al-Qur’an Sebelum Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 1 Pati

Aini, Eka Fadhilatul Nur (2022) Hubungan Kegiatan Membaca Al-Qur’an Sebelum Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (647kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (776kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Pati, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan jumlah 50 peserta didik yang diambil dari kelas X MIPA 2 dan X IPS 1. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran kelas X di MAN 1 Pati dalam kategori baik dengan nilai skor angket kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,3 dan presentase sebesar 78% ; 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Pati dalam kategori baik. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada ulangan tengah semester genap pada tabel distribusi frekuensi diperoleh hasil belajar rata-rata dalam kategori baik sebesar 54% ; 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Pati. Hal tersebut terlihat nilai-nilai thitung sebesar 0,605 dengan nilai ttabel sebesar 2,010 dan nilai sig 0,00. Hal ini berarti thitung 0,605 < ttabel 2,010 dan nilai sig 0,548 > 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi yang di notasikan dengan R Square sebesar 0,8%. Artinya, variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 0,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:57
Last Modified: 09 Mar 2023 08:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item