Aini, Eka Fadhilatul Nur (2022) Hubungan Kegiatan Membaca Al-Qur’an Sebelum Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (344kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (647kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (401kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (776kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Pati, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan jumlah 50 peserta didik yang diambil dari kelas X MIPA 2 dan X IPS 1. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran kelas X di MAN 1 Pati dalam kategori baik dengan nilai skor angket kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,3 dan presentase sebesar 78% ; 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Pati dalam kategori baik. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada ulangan tengah semester genap pada tabel distribusi frekuensi diperoleh hasil belajar rata-rata dalam kategori baik sebesar 54% ; 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Pati. Hal tersebut terlihat nilai-nilai thitung sebesar 0,605 dengan nilai ttabel sebesar 2,010 dan nilai sig 0,00. Hal ini berarti thitung 0,605 < ttabel 2,010 dan nilai sig 0,548 > 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi yang di notasikan dengan R Square sebesar 0,8%. Artinya, variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 0,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:57 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9050 |
Actions (login required)
View Item |