Taufiqurrohman, Ahmad Fauza (2022) Optimalisasi Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan dengan Memaksimalkan Implementasi Supervisi di MA NU TBS Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (857kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (333kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (574kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (412kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (259kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya wawancara (dengan sejumlah informan 6 yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Tenaga Kependidikan bidang administrator, Tenaga Kependidikan bidang Teknisi, dan Tenaga Kependidikan bidang Keperpustakaan), observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data pada optimalisasi peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan memaksimalkan implementasi supervisi di MA NU TBS Kudus menggunakan beberapa cara yaitu uji kredibilitas, triangulasi sumber, teknik, dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian yang diperoleh dari optimalisasi peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan memaksimalkan implementasi supervisi di MA NU TBS Kudus menunjukkan bahwa 1) Implementasi Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah MA NU TBS Kudus menggunakan tiga implementasi, yaitu supervisi akademik, supervisi manajerial, profesionalisme dan kinerja, 2) Peran Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Implementasi Supervisi untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di MA NU TBS Kudus dengan adanya reward (penghargaan) dari kepala madrasah kepada pendidik, tenaga kependidikan, dan karyawan apabila kinerjanya baik, 3) Optimalisasi Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di MA NU TBS Kudus dengan adanya kerjasama semua elemen supaya dapat tercapai sesuai yang diharapkan, kemudian dukungan dari kepala madrasah apabila terdapat pelatihan-pelatihan yang ditujukan kepada pendidik atau tenaga kependidikan untuk meningkatkan dan pengoptimalkan kompetensi dalam bidangnya masing-masing. Maka, dengan adanya sistem pengelolaan kinerja tenaga kependidikan bisa menjadikan lebih baik dan memberikan konstribusi serta mendukung tercapainya pengoptimalan implementasi supervisi oleh kepala madrasah sesuai dengan kemampuan kinerja tenaga kependidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Peran Kepala Madrasah, Implementasi Supervisi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:11 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:11 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9115 |
Actions (login required)
View Item |