Qudsyiyah, Al (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPA Menggunakan WhatsApp Di MI NU Darul Anwar Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (563kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (801kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (493kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (698kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (370kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPA menggunakan WhatsApp di MI NU Darul Anwar Dawe Kudus, 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan WhatsApp pada pembelajaran IPA di MI NU Darul Anwar Dawe Kudus, 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPA menggunakan WhatsApp di MI NU Darul Anwar Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapaun dalam teknik ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi disertai dukumentasi, wawancara kepada beberapa narasumber yaitu kepala sekolah, guru IPA kelas VB, dan peserta didik kelas VB MI NU Darul Anwar Dawe Kudus. Teknis analisis yang digunakan berupa reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: 1) Hasil penelitiaan di MI NU Darul Anwar Dawe Kudus pada pembelajaran menggunakan metode daring, pada proses perencanaan pembelajaran yang digunakan berupa RPP yang dibuat oleh guru mulai dari persiapan menyiapkan materi, pemilihan media, metode, strategi maupun pendekatan serta evaluasi saat pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan WhatsApp dilakukan oleh kelas VB, peserta didik kelas VB mulai terbiasa menggunakan aplikasi WhatsApp. Pelaksanaan pembelajaran daring kelas VB di mulai dengan pembuka dengan membaca doa melalui intruksi guru berupa pesan teks WhatsApp, bagian inti guru memberikan link materi berupa video dan penugasan kemudian bagian penutup guru memberikan kesimpulan dan tugas dalam penyampaiannya melalui pesan teks, 3) Penerapan pada penggunaan WhatsApp di kelas VB pada mata pelajaran IPA memiliki sisi kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya yaitu; menambah wawasan guru maupun peserta didik, pembelajaran menjadi mudah dilakukan kapan dan dimana saja, rendahnya terkena Covid-19, WhatsApp mudah digunakan dari kalangan anak-anak sampai dewasa, peserta didik dilatih memiliki wawasan yang luas. Kelemahannya yaitu; terbatasnya media, kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik, kurangnya respon dari peserta didik, guru kesulitan dalam hal penialian, pembelajaran susah dikendalikan, WhatsApp membutuhkan ruang yang banyak, dan kurangnya pemahaman dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, WhatsApp, Mata Pelajaran IPA | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:30 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:30 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9122 |
Actions (login required)
View Item |