Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus

Amami, Fauziyah (2022) Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (513kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus sebelum menggunakan pembelajaran virtual dengan strategi Blended Learning pada mata pelajaran Fiqih. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan praktikum virtual dengan strategi Blended Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus setelah melaksanakan pembelajaran virtual dengan strategi Blended Learning pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan kepala madrasah, guru pengampu mata pelajaran Fiqh dan siswa kelas V. Lokasi penelitian ini MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar siswa kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus sebelum menggunakan pembelajaran virtual dengan strategi Blended Learning pada mata pelajaran Fiqih yaitu pemahaman peserta didik kurang, hal tersebut dapat diketahui dari rata-rata nilai peserta didik belum tuntas dan masih dibawah KKM. 2) Pelaksanaan praktikum virtual dengan strategi Blended Learning pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus yaitu guru menetapkan tujuan, guru mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Persiapan yang dapat dilakukan tentu memperhatikan jaringan internet ataupun perangkat-perangkat lainnya yang mendukung saat praktikum virtual dengan strategi Blended Learning. Selain itu, guru memberikan petunjuk tentang langkah-langkah yang harus ditempuh selama pembelajaran berlangsung secara sistematis. Dan guru tidak lupa membuat media pembelajaran berupa power point dan video tentang bab zakat yang akan disampaikan dalam pembelajaran virtual karena dengan pembelajaran daring peserta didik belajar di rumah masing-masing dengan menggunakan grub whatsapp dan guru melakukan interaksi secara langsung ataupun tidak langsung dalam mencapai hasil prestasi belajar dan satu sama lain saling mendukung serta menciptakan suasana yang paling kondusif agar tujuan yang diharapkan dari setiap proses pembelajaran dapat tercapai secara optimal. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus setelah melaksanakan pembelajaran virtual dengan strategi Blended Learning pada mata pelajaran Fiqih yaitu pemahaman peserta didik meningkat, hal tersebut dapat diketahui dari rata-rata nilai peserta didik sudah tuntas dan diatas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Praktikum Virtual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:10
Last Modified: 14 Mar 2023 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9150

Actions (login required)

View Item View Item