Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Management Terhadap Manajemen Waktu Peserta Didik Kelas XI Agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati

Verliana, Lativa Devi (2022) Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Management Terhadap Manajemen Waktu Peserta Didik Kelas XI Agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar dan self management terhadap manajemen waktu peserta didik kelas XI agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati, adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap manajemen waktu pada peserta didik kelas XI Agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. (2) Untuk mengetahui pengaruh self management terhadap manajemen waktu pada peserta didik kelas XI Agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama motivasi belajar dan self management terhadap manajemen waktu peserta didik kelas XI Agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistic. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling (sampel keseluruhan) peserta didik kelas XI (Sebelas) Agama MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati berjumlah 66 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan analisis secara parsial yang pertama pengaruh variabel motivasi belajar terhadap manajemen waktu bahwa 1) Nilai R = 0,709 berarti Korelasi sedang. 2) Nilai R Square = 0,503 yang berkontribusi 50,3 %. Berarti ada variabel yang lain sebesar 49,7 %. 3) Nilai signifikansi sebesar 0,400 > 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap manajemen waktu tidak signifikan. Hasil analisis parsial yang kedua pengaruh variabel self management terhadap manajemen waktu bahwa 1) Nilai R = 0,709 berarti Korelasi sedang. 2) Nilai R Square = 0,503 yang berkontribusi 50,3 %. Berarti ada variabel yang lain sebesar 49,7 %. 3) Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh self management terhadap manajemen waktu signifikan. Hasil analisis secara simultan pengaruh variabel motivasi belajar dan self management terhadap manajemen waktu bahwa 1) Nilai R = 0,713 berarti Korelasi sangat rendah. 2) Nilai R Square = 0,509 yang berkontribusi 9,0%. Berarti ada variabel lain sebesar 91%. 3) Nilai F hitung = 32,599 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (motivasi belajar dan self management) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi secara signifikan variabel dependen (manajemen waktu).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, MundakirUNSPECIFIED
Thesis advisorFithriyana, ArinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Self Management, Manajemen Waktu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:55
Last Modified: 14 Mar 2023 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item View Item