Khusniyah, Inayatul (2022) Implementasi Joyful Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran PAI Pasca Daring di SMK Tunas Bangsa Mijen Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (14MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (243kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (118kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (148kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi pasca pembelajaran daring adalah masih banyak siswa yang kurang bersemangat dalam belajar, dikarenakan imbas dari pembelajaran daring sehingga guru harus mampu beradaptasi dan berinisiatif menyajikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, salah satunya yaitu dengan menerapkan Joyful Learning dengan metode Mind Mapping. Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi Joyful Learning dengan metode Mind Mapping dalam Pembelajaran PAI pasca daring di SMK Tunas Bangsa Mijen Demak. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Joyful Learning dengan metode Mind Mapping dalam Pembelajaran PAI pasca daring di SMK Tunas Bangsa Mijen Demak. Jenis penelitian ini adalah field research dengan melakukan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sumber data dari informan yaitu guru PAI dan siswa kelas XI SMK Tunas Bangsa Mijen Demak. Adapun pengumpulan datanya melalui teknik melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul langkah selanjutnya yaitu melakukan teknis analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Implementasi Joyful Learning dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran PAI pasca daring di SMK Tunasa Bangsa Mijen Demak dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya, perencanaan yaitu guru mempersiapkan RPP, mencocokkan terlebih dahulu materi yang akan disampaikan dengan metode yang sesuai. Kemudian tahap pelaksanaan yaitu diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Selanjutnya tahap yang terakhir evaluasi yaitu dengan Mind Mapping dapat mencakup tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. 2) Faktor pendukung implementasi Joyful Learning dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran PAI pasca daring di SMK Tunas Bangsa Mijen Demak diantaranya metode Mind Mapping mudah diterapkan, membantu dan memudahkan guru maupun siswa baik dalam menyampaikan maupun menerima materi, menciptakan kelas yang aktif dan menyenangkan, meningkatkan antusias dan semangat siswa dalam belajar, mencatat materi lebih mudah, cepat, ringkas dan jelas. Adapun faktor penghambatnya diantaranya kurangnya persiapan siswa seperti tidak membawa peralatan pendukung dalam pembuatan Mind Mapping sehingga hasilnya kurang menarik, bagi siswa yang belum terbiasa dalam pembuatannya luamayan rumit sehingga membutuhkan kefokusan dan ketelitian. menjadi kendala bagi siswa yang tidak terlalu suka menggambar sehingga hasilnya kurang maksimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Joyful Learning, Metode Mind Mapping, pembelajaran PAI, Pasca Daring | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 03:52 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 03:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9184 |
Actions (login required)
View Item |