Aryani, Siska Mawarni Indah Pipi (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Peningkatan School Branding Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (683kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (402kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (750kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (452kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (947kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) strategi guru PAI dalam meningkatkan school branding melalui kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora. 2) hasil dari penerapan strategi guru PAI dalam meningkatkan school branding di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora. 3) faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan school branding di MI Muhammadiyah 01 Todanan Blora. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer meliputi: guru mata pelajaran PAI, peserta didik, kepala sekolah, tim IT dan data sekunder meliputi: buku-buku, arsip, dokumentasi dan literatur yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) strategi guru PAI dalam meningkatkan school branding melalui kegiatan keagamaan berupa kultum peserta didik, BTA dan tahfidz juz 30. 2) hasil penerapan strategi guru PAI berupa madrasah lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat sehingga memberikan dampak positif yaitu meningkatnya peserta didik baru pada tiga tahun terakhir, meningkatkan kualitas layanan yang diberikan guru dan karyawan kepada peserta didik, meningkatkan pendidikan karakter peserta didik berupa lebih bertanggung jawab, berani tampil di depan, pembiasaan menulis dan membaca al-Qur’an. 3) faktor pendukung meliputi faktor internal, yaitu adanya sinergitas antara guru PAI dengan wali kelas, kepala madrasah dan seluruh warga madrasah. Faktor eksternal meliputi adanya motivasi dari dalam diri peserta didik, dukungan dari wali murid untuk selalu membiasakan hal-hal positif ketika peserta didik di rumah sehingga pembiasaan yang dilaksanakan di rumah akan terbawa sampai ke madrasah. Faktor penghambat meliputi faktor internal, yaitu belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, keterbatasan tentang pengelolaan video pada guru. Faktor eksternal, yaitu adanya rasa malas pada diri peserta didik, kurangnya perhatian orang tua terhadap kebutuhan peserta didik sehingga ketika di rumah peserta didik tidak dibiasakan melaksanakan kegiatan keagamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | PAI Teacher Strategy, Religious Activities, School Branding | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 03:17 | |||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 03:17 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9223 |
Actions (login required)
View Item |