Dinamika pembelajaran daring dan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi covid 19 di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus

Darmawan, Ihsan (2022) Dinamika pembelajaran daring dan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi covid 19 di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan 1) dinamika pembelajaran daring Peserta Didik di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. 2) dinamika motivasi belajar peserta didik pada pasca pandemi covid 19 di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. 3) faktor pendukung dan penghambat dinamika pembelajaran daring dan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi covid 19 di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengujian keabsahan data melalui pengamatan, ketekunan, triangulasi (sumber,waktu dan teknik) dan membercheck. Sedangkan analisis data meliputi Data Collection (mengumpulkan data), reduction, display, verification. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Berdasarkaan hasil penelitian yang telah di temukan:1) dinamika pembelajaran mulai tujuan, pendidik, peserta didik, materi, dan lingkungan agar semua guru harus memiliki lebih aktif untuk menggunakan media daring untuk menghindarkan dari resiko kesehatan, peserta agar tidak ketinggalan pembelajaran, karena kendala covid 19, sehingga tercipta proses transfer dari guru kepada peserta didik sehingga dapat berlangsung efektif, sebagai pelaksanaan kurikulum sementara untuk mengatasi di dunia pendidikan sebagai direktif Kemendikbud yang bertujuan untuk terciptanya pembelajaran yang ekfektif dan efisien di masa pandemi, untuk mengulangi penularan covid yang terjadi lingkungan madrasah tersebut, sehingga tercapainya program pemerintahnya social distengsing tidak penularan covid. (2). dinamika motivasi belajar peserta didik pasca pandemi covid meliputi motivasi belajar peserta didik mempunyai motivasi belajar yang berupa intrinsik dan ekstrinsik berbeda beda. Motivasi yang dilakukan oleh wali murid dan guru mengacu pada fantasi peserta didik, dan tantangan peserta didik dalam mencari materi pelajaran saat daring pasca covid 19, pendidik memiliki pandangan tentang pemberian suatu reward yang akan di berikan oleh peserta didik yang mendapat nilai diatas ketuntasan. (3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring dan motivasi belajar di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus adanya fasilitas kouta belajar dari orang tua maupun pihak madrasah, menyediakan fasilitas wifi dilingkungan rumah, memberikan penghargaan di saat mendapat nilai tinggi. Sedangkan Faktor penghambat terkendalanya sinyal yang tidak mendukung saat daring, kurangnya interaksi belajar antara guru dengan siswa, sarana dan Prasarana yang kurang mendukung yaitu Handphone yang terkadang di bawa orang tua bekerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > PAI
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:14
Last Modified: 16 Mar 2023 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item