Adhim, Abdul (2022) Strategi Komunikasi Dalam Program Dialog Interaktif Kajian Kitab Targhib Wa Tarhib di Radio Pas FM Pati (Periode November-Desember 2021). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (569kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (578kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (663kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (761kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (520kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (625kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (190kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
Abstract
Eraaindustri 4.0 merupakan keniscayaan yang harus dihadapiooleh umat Islam, perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin agar memberikan konstribusi bagi semua pihak, terutama media dakwah islam. Radio merupakan salah satu bentuk media yang dapat digunakan, melalui radio, dakwah dapat dilakukan secara efisien dan efektif sehingga dakwah dapat menjangkau jarak mad’u yang jauh sekalipun. Oleh sebab itu strategi juga sangat penting untuk diperhatikan. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan berpendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsiskan hasil penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti langsung menggali informasi langsung pada Radio PAS FM Pati sebagai penyelenggara Program Dialog Interaktif Kajian Kitab Targhib Wa Tarhib, serta semua pihak yang bersangkutan. Dalam pengumpulan data, penelitik melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait penelitian. Adapun pengambilan data menggunakan sampling terkait variabel dalam penelitian dengan subjek penelitian adalah (1) Pimpinan radio PAS FM, (2) Pengisi program acara, dan (3) Narasumber program acara Dialog Interaktif Kajian Kitab Targhib Wa Tarhib, (4) staff terkait program. H¬asil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi komunikasi dalam program Kajian Kitab targhib Wa Tarhib yang digunakan adalah survey membership, penyusunan pesan melalui metode AIDDA, penggunaan metode redundancy dan canalizing, dan pemilihan media komunikasi yang mendukung. Radio PAS FM dalam proses perencanaan program siaran, proses produksi, proses eksekusi program, dan proses pengawasan yang baik. (2) Adapun faktor pendukungnya yaitu program merupakan program baru, narasumber yang sesuai bidangnya, antusias pendengar tinggi, serta sarana dan prasarana yang mumpuni. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketidakhadiran narasumber, gangguan cuaca yang berakibat pada sinyal, jadwal molor serta masalah teknis yang tidak terduga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Dialog Interaktif, Radio | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:57 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |