Metode Dakwah dalam Akun Instagram @dakwah_islami.i sebagai Amar Makruf Nahi Munkar di Kalangan Milenial

Zunaedi, Refo (2022) Metode Dakwah dalam Akun Instagram @dakwah_islami.i sebagai Amar Makruf Nahi Munkar di Kalangan Milenial. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (738kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (966kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk, (1) mengetahui dan menganalisis penerapan metode dakwah dalam media sosial Instagram melalui akun @dakwah_islami.i, (2) mengetahui dan menganalisis tingkat respon followers atau warganet terhadap unggahan Instagram @dakwah_islami.i, (3) mengetahui dan menganalisis pola pengunggahan konten dakwah yang ada dalam akun Instagram @dakwah_islami.i. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta jenis penelitian ini termasuk penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi terhadap kegiatan akun Instagram @dakwah_islami.i, teknik dokumentasi yakni berupa gambar yang di sertakan tulisan di setiap unggahan akun @dakwah_islami.i, dan teknik wawancara terhadap admin (founder) dan followers akun Instagram @dakwah_islami.i. Hasil analisis dan penelitian menunjukkan bahwa, (1) metode dakwah dalam akun Instagram @dakwah_islami.i dilakukan dengan melalui media sosial Instagram yang memuat mengenai materi keislaman serta ditampilkan dalam bentuk foto dan kata-kata, (2) respon followers melalui dakwah di media sosial akun Instagram @dakwah_islami.i ini cukup efektif, pasalnya mad’u yang belum tahu perbuatan atau tindakan yang baik dalam agama Islam menjadi lebih tahu, dan hal ini bisa dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara terhadap followers yang mengikuti akun Instagram @dakwah_islami.i, yang mayoritas bisa menerima dakwah yang disampaikan akun tersebut, adapun perubahan dimulai dari hal yang kecil, serta zaman sekarang banyak yang memanfaatkan media sosial terutama kalangan milenial, (3) menentukan pola unggahan dakwah yang dimuat dalam akun Instagram @dakwah_islami.i yakni tentang konten yang diunggah oleh admin setiap harinya, serta data yang menunjukkan pengikut akun @dakwah_islami.i yang terdiri dari bermacam-macam usia baik itu laki-laki maupun perempuan, dan yang paling mendominasi adalah di kalangan milenial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Thesis advisorNugraheni, Silvia OtiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah, Instagram, Milenial
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:40
Last Modified: 28 Mar 2023 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9477

Actions (login required)

View Item View Item