Saputra, Guntur Cahya (2022) Pengembangan Materi Lingkaran Berbasis E-Modul Android Untuk Kelas VIII SMP 1 Mejobo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (341kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (719kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (462kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (256kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi lingkaran yang dijelaskan dengan metode pembelajaran konvensional dan juga kurangnya pemanfaatan teknologi semisal gawai atau smartphone sebagai media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dikembangkan media ajar yang dapat menarik dan memanfaatkan teknologi, seperti e-modul. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul android pada materi lingkaran berbantuan Smart Apps Creator yang memenuhi kriteria kevalidan dan keefektifan implementasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan memodifikasi model penelitian 4-D menjadi model penelitian 3-D yaitu define, design, dan development. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu define yang dimulai dengan penyebaran angket analisis kebutuhan kepada sampel peserta didik SMP 1 Mejobo dengan hasil bahwa peserta didik membutuhkan alternatif bahan ajar yang lebih fleksibel yaitu e-modul. Selanjutnya dilanjutkan dengan tahap design yang dilaksanakan dengan pemilihan media dan format yang akan digunakan serta mulai membuat rancangan awal e-modul berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik. Tahap terakhir yaitu development yang dilaksanakan dengan penyusunan e-modul yang dilanjutkan dengan validasi ahli dan uji coba di SMP 1 Mejobo; 2) Validasi e-modul dilakukan oleh 2 dosen tadris matematika IAIN Kudus dan 1 guru matematika SMP 1 Mejobo yang dibagi menjadi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Hasil penilaian ahli media memperoleh nilai 71,50% dan penilaian ahli materi memperoleh nilai 83,50% sehingga e-modul dikategorikan “Valid”; 3) Uji coba kepraktisan dilaksanakan di SMP 1 Mejobo dan dibagi menjadi 2 tahap yaitu uji coba skala kecil dengan subjek 5 responden dan uji coba skala besar dengan 29 responden. Hasil uji coba memperoleh nilai 77,40% pada uji coba skala kecil dan 76,90% pada uji coba skala besar sehingga dikategorikan “praktis”. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba kepraktisan maka e-modul materi lingkaran praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul, Android, Lingkaran | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 02:22 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 02:22 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9529 |
Actions (login required)
View Item |