Strategi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Pendekatan Student Centered Learning di Kelompok Bermain “Menuju Sukses” Undaan Kidul Kudus 2021/2022

Chusnia, Hani’ Nailul (2022) Strategi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Pendekatan Student Centered Learning di Kelompok Bermain “Menuju Sukses” Undaan Kidul Kudus 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana strategi atau perencanaan yang digunakan pendidik dalam proses belajar mengajar agar dapat tersampaikan pada anak didik dengan baik dan benar sehingga tercapainya sasaran dan tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak usia dini dengan pendekatan student centered learning, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan pendekatan student centered learning, serta hasil pembiasaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan pendekatan student centered learning pada anak usia dini di KB Menuju Sukses Undaan Kidul Undaan Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari pengelola/kepala sekolah, pendidik, serta anak didini sebagai sumber primer dengan ditunjang data sekunder yaitu hasil wawancara dengan pengelola/kepala sekolah, guru seksi pendidikan, hasil catatan observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap kesimpulan data atau verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah : 1) strategi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan pendekatan student centered learning di KB Menuju Sukses menggunakan sistem klasikal, sorogan, dan menggunakan metode yanbu’a. 2) faktor pendukung diantaranya : kualitas guru yang baik, metode pembelajaran yang diterapkan, media pembelajaran yang memadai, serta lingkungan yang kondusif, faktor penghambat diantaranya : kurangnya guru yang berijazah yanbu’a, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dalam pendidikan. 3) hasil pembiasaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan pendekatan student centered learning di KB Menuju Sukses anak didik dibiasakan belajar mandiri mendengarkan murottal dan menghafalkan huruf hijaiyah, surat pendek, do’a harian, belajar membaca Al-Qur’an dengan buku yanbu’a dan belajar mandiri serta menyelesaikan tugas secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Thesis advisorShidqi, Dzulfikar SyauqiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:34
Last Modified: 30 Mar 2023 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item