Model Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Guru di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Halimah, Noor (2023) Model Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Guru di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (757kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial dan tanggung jawab guru di MI NU Nurus Shofa juga menganalisis dampak model kepemimpinan visioner tersebut. Pada penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) untuk mendiskripsikan model kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial dan tanggung jawab guru di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus. (2) Untuk menganalisis dampak model kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus. (3) Untuk menganalisis dampak model kepemimpinan visioner pada pembentukan karakter peduli sosial dan tanggung jawab guru di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang diangkat dari lapangan karena peneliti menggunakan penelitian di salah satu instansi madrasah yaitu MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dilapangan, wawancara dengan kepala madrasah, dan guru, juga dokumentasi berupa foto kegiatan dan foto saat wawancara dan dokumen lainnya seperti visi misi tujuan madrasah, sturktur kepengurusan, program kerja. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Dalam Teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, display, verification, yaitu memilih data yang akan digunakan, lalu dipaparkan dengan jelas dan dicari kesimpulannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Model kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial dan tanggung jawab guru yaitu kepemimpinan visioner mengacu ke masa depan dengan itu seorang pemimpinan harus memberikan contoh yang baik dan tugas kepada setiap guru karena melalui itu dapat menjadikan guru menjadi lebih baik. (2) Dampak model kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja guru yaitu kepemimpinan visioner memerlukan usaha bersama antara kepala madrasah dengan guru, usaha yang dilakukan didasarkan dengan visi yang jelas yaitu visi misi dan tujuan MI NU Nurus Shofa contoh seorang guru mengajarkan ilmu, iman dan akhlak yang baik pada peserta didik. (3) Dampak model kepemimpinan visioner pada pembentukan karakter peduli sosial dan tanggung jawab guru yaitu tugas seorang guru tidak hanya mengajar peserta didik tetapi juga bertanggung jawab mengembangkan Pendidikan yang berhaluan ahlusunnah waljamaah, tetapi juga menjadi panutan bagi peserta didik seperti ikut berbela sungkawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter, Kepemimpinan Visioner, Peduli Sosial, Tanggung Jawab
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:35
Last Modified: 30 Mar 2023 07:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9559

Actions (login required)

View Item View Item