Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Kepribadian Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Lestari, Riska Indah (2022) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Kepribadian Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan dan menggambarkan tingkat kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa jika ditinjau dari jenis kepribadian yang dimilikinya. Jenis kepribadian yang dimaksud disini adalah kategori jenis kepribadian berdasarkan teori Carl Gustav Jung. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan), jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Mu’allimat NU Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas VIII C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes literasi matematis oleh PISA dan wawancara untuk mengetahui tingkat literasi matematis siswa, dan instrumen kuisioner untuk mengetahui jenis kepribadian siswa. Dalam menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis data, teknik yang peneliti gunakan adalah model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,79% subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan literasi matematis rendah. Subjek dengan kemampuan literasi matematis tinggi tidak ditemukan dalam penelitian ini. Subjek berkepribadian ekstrovert dengan kemampuan literasi matematis sedang untuk soal nomor 3 sudah memenuhi indikator B1 tapi belum memenuhi indikator A1, A2, dan C1. Subjek berkepribadian introvert dengan kemampuan literasi matematis sedang untuk soal nomor 1 sudah memenuhi indikator C1 namun tidak memenuhi indikator A1, A2, dan B1, untuk soal nomor 2 subjek sudah mampu memenuhi semua indikator. Sementara itu, subjek dengan kemampuan literasi matematis rendah baik yang memiliki kepribadian ekstrovert maupun introvert belum mampu memenuhi semua indikator yang diberikan pada soal nomor 4 dan 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematis, Kepribadian Siswa, PISA, SPLDV, Teori Carl Gustav Jung.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:51
Last Modified: 05 Apr 2023 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item