Lazulfa, Indana (2022) Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris Di Mi Nu Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (996kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (443kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (761kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (490kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (682kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (334kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Memahami penerapan media pembelajaran flash card pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. (2) Menjelaskan perbedaan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan treatment media flash card di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. (3) Menjelaskan adakah pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dasar (basic research). Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik yang dipilih secara acak yaitu kelas IV, V dan VI di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus sebagai kelompok eksperimen, dengan jumlah sampel 30 siswa, dan kelompok kontrol juga dengan jumlah 30 siswa. Sebelum penelitian lembar observasi 15 dari variabel (X) dan lembar soal 15 dari variabel (Y) diuji oleh 3 rater. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel X ada 14 item soal yang valid dan 1 item soal tidak valid, sedangkan untuk variabel Y 14 item soal yang valid dan 1 item soal yang tidak valid. Maka 14 item soal variabel X dan 14 item soal variabel Y tersebut yang akan dibagikan kepada 30 responden di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X 0,613 > 0,60, dan variabel Y 0,627 > 0,60. Maka Kedua variabel tersebut dikatakan reliabel. Analisis data menggunaka uji Independent Sample T-test. Adapun hasil penelitian adalah: (1) Penerapan media flash card yaitu kartu yang sudah disusun diberi tulisan kosa kata tentang fruits and vegetable, kemudian mencabut kartu satu persatu, lalu membagikan kartu yang sudah diterangkan kepada siswa. (2) Tidak ada perbedaan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan rata-rata sebelum perlakuan kelompok eksperimen yaitu 24,16 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 24,1. Dari hasil perhitungan, thitung lebih kecil dari ttabel 0,918 < 2,045. Adapun sesudah perlakuan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 25,67 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 25.17. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari ttabel 1,261 < 2,045. (3) Media flash card tidak berpengaruh terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris di MI NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus, karena dari hasil penelitian tidak ada perbedaan yang mencolok pada post test kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Flash Card, Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris, Kelompok Eksperimen, Kelompok Kontrol, Uji Independent Sample T-test | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:26 | |||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:26 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9729 |
Actions (login required)
View Item |